Selvia Megasari : "CINTAI INDONESIA!"


Perjalanan mengelilingi Indonesia tidak akan terasa melelahkan bila kita bisa mendapatkan sesuatu yang lebih dari itu, yakni keanekaragaman budaya Indonesia. Tingkat kemajemukan budaya yang sangat mengakar hingga terbentuknya berbagai adat istiadat menandakan bahwa Indonesia adalah bangsa yang besar.


Saya kaget dengan pesan wall salah seorang teman saya, namanya Selvia Megasari (sebelah kanan pada foto). dia adalah salah satu mahasiswi ASDI Surakarta. "Cintai Indonesia :D" begitulah bunyi wall message nya.

Teringat dengan beberapa kasus belakangan mengenai kasus "Claim - Klaim - dan klaim" antar negara. Ya memang budaya itu sangat penting. budaya merupakan salah satu bentuk cerminan suatu bangsa. Namun bila hanya di diamkan begitu saja bahkan hanya dipajang bagaikan sebuah artefak, itu tidak masalah bila pada pengimpelentasiannya berbentuk pelestarian budaya yang mengakar dengan sistem regenerasi, sehingga terbentuk karakter masyarakat sesuai dengan budayanya.

Namun, pada kenyataannya saat ini, ambil contoh saja pulau jawa. Masyarakt pulau jawa dapat dikatakan perkembangan teknologi yang digunakan lebih maju dibanding pulau besar lainnya di wilayah Indonesia.

Namun sayangnya, itu tidak di imbangi dalam hal budaya. Sebagian masyarakat mulai sedikit demi sedikit "hilang" bahkan merasa tidak memiliki "budaya". hal ini dapat dilihat dari perilaku masyarat yang berbeda dengan beberapa dekade yang lalu. hal ini diperkuat oleh beberapa sesepuh yang saya temui, mereka mengatakan bahwa banyak pemuda saat ini kurang menghargai yang lebih tua, padahal pada dasarnya tradisi menghargai orang yang lebih tua adalah ajaran dari kecil, bahkan itu murni terbentuk dari diri sendiri.

Nah, dari sini dapat kita sedikit instrospeksi diri, ayo mulai cintai kembali budaya kita, karena di dalam budaya, terdapat kearifan lokal suatu masyarakat yang menjadi jatidiri masyarakat itu sendiri (red).