Jangan Kalah Dengan Tetangga


oke kali ini saya mau sedikit berbicara tentang belajar, ini saya sedikit mengutip sebuah kalimat yang saya dapatkan dari teman saya dari sebuah percakapan di facebook.

Malaysia di era 70-an adalah murid Indonesia. Ratusan guru dan dosen pernah kita kirim ke negeri seberang itu untuk mendidik anak2 Malaysia. Ratusan pemuda dikirim oleh Malaysia ke Indonesia untuk menuntut ilmu di universitas-universitas tersohor seperti ITB dan UGM. kini kita sudah jauh tertinggal dari negeri tetangga
tsb...kini justru kita yg mengirim rratusan pelajar utk kuliah disana...kini ribuan org indonesia yg berobat kesana setiap tahunnya...kini pemerintah kita menarik subsidi BBM...sedangkan pemerintah malaysia malah menambah subsidi BBM bagi rakyatnya...so, saatnya anak2 bangsa ini SADAR...terutama PEMIMPIN2 negri ini...JANGAN MALU UNTUK BELAJAR, BAHKAN BELAJAR PD MURID SENDIRI...!!!

begitulah sedikit penggalan apa yang telah terjadi di masa lalu dan sekarang masih terjadi.
lalu apa yang harus kita lakukan???
sudah saatnya bagi kita khususnya para mahasiswa untuk mencoba memaksimalkan seluruh kemampuan kita dalam mengolah sumber daya yang telah diberikan tuhan kepada kita. yakni otak.

kemampuan berfikir seseorang memang berbeda dan ada tingkatannya, namun bila kita tidak mencoba untuk melangkah lebih jauh menuju batas kemampuan kita, maka kita akan terus tertinggal oleh tetanga kita yang telah sukses belajar dari kita. 

akhir-akhir ini kita sering mendapat pemberitaan yang mengakibatkan emosi kita terpancing dan merasakan akan gejolak yang besar terhadap tetanga kita ini. namun coba kita berhenti sejenak dan merenungkan paragraf kecil diatas.

marilah kita mencoba untuk belajar tanpa mengenal suku, ras atau apapun. karena pasalnya ilmu itu selalu berguna bagi siapa saja.